Teks1

"SELAMAT DATANG"

Kamis, 22 Mei 2014

BAB 11.Manusia dan Harapan

Makna Harapan
Setiap manusia mempunyai harapan.Manusia yang tanpa harapan berarti manusia itu mati dalam hidup.Harapan bergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan masing-masing seseorang Harapan harus berdasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Agar harapan bisa terwujud, maka diperlukan usaha dengan sungguh-sungguh untuk mencapainya.

Persamaan Harapan dan Cita-cita
Persamaanya yaitu keduanya menyangkut masa depan karena belum terwujud, pada umumnya dengan cita-cita maupun harapan orang menginginkan hal yang lebih baik atau meningkat

Sebab Munculnya Harapan
“Menurut Maslow”
Sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu adalah :
1.       kelangsungan hidup
2.       keamanan
3.       hak dan kewajiban mencintai dan dicintai
4.       diakui lingkungan
5.       perwujudan cita-cita

Makna Kepercayaan
Kepercayaan berasal dari kata percaya artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal-hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran.Setiap individu pasti memiliki kepercayaan nya masing-masing,seperti percaya kepada Tuhan YME,kepada keluarganya,kepada guru-gurunya dan lain-lain sebagainya.Didalam kepercayaan itu individu memiliki keimanan untuk mepercayai keyakinan yang pegang teguh sejak kecil.

Penjelasan Konsep Kebenaran
Kebenaran adalah satu nilai utama di dalam kehidupan setiap manusia. Sebagai nilai-nilai yang menjadi fungsi rohani manusia.,Artinya sifat manusiawi atau martabat kemanusiaan (human dignity) selalu berusaha (memeluk) suatu kebenaran.Pada dasarnya konsep dari kebenaran sama dengan Kepercayaan,karena adanya kebenaran maka akan adanya kepercayaan pada setiap manusia.Kebenaran timbul karena adanya suatu keadaan yang nyata”Real” didalam kehidupan manusia.

Perbedaan Kadar Kepercayaan Satu Sama Lainnya
Sebagai contoh perbedaan kepercayaan agama,Agama itu adalah pedoman hidup manusia, sedangkan kepercayaan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. Karena keyakinan merupakan suatu sikap, maka keyakinan seseorang tidak selalu benar atau, keyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran.
Contoh: Pada suatu masa, manusia pernah meyakini bahwa bumi merupakan pusat tata surya, belakangan disadari bahwa keyakinan itu keliru . Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap suatu premis benar.

Usaha-usaha Meningkatkan Kepercayaan Kepada Tuhan
Berbagai usaha dapat dilakukan manusia untuk meningkatkan rasa percaya kepada Tuhannya diantaranya:
·         Meningkatkan ketaqwaan kita sebagai manusia dengan jalan atau dengan cara meningkatkan ibadah.contohnya selalu tepat waktu dalam beribadah.

·         Meningkatkan tali silahturahmi kepada masyarakat atau kepada saudara-saudara kita,untuk terhindar dari pertengkaran atau perselisihan

·         Meningkatkan kecintaan kita kepada sesama manusia dengan jalan atau dengan cara suka menolong, dermawan, dan sebagainya (sifat-sifat baik lainnya)

·         Mengurangi nafsu (negatif) seperti mengumpulkan harta yang berlebihan dan tidak ingin membaginya kepada orang lain yang lebih membutuhkan


·         Menekan perasaan-perasaan negatif seperti iri, dengki, fitnah, dan sebagainya (sifat-sifat buruk lainnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar