Teks1

"SELAMAT DATANG"

Sabtu, 07 Juni 2014

Kaitan film dengan materi-materi IBD

TUGAS AKHIR ILMU BUDAYA DASAR

Pada tugas akhir ini,saya akan menjelaskan mengenai alur cerita beberapa film yang berkaitan dengan setiap bab IBD,dari bab 8,9,10 dan 11.Diantaranya:
  • Bab 8                :Manusia dan pandangan hidup
  • Bab 9                :Manusia dan tanggung jawab
  • Bab 10               :Manusia dan kegelisahan
  • Bab 11               :Manusia dan harapan

Pada film yang saya ingin jelaskan diantaranya:
  • 5cm
  • Mika
  • Si jago merah
  • Habibi dan ainun

A.  5cm

5 cm adalah film
drama Indonesia yang dirilis pada 12 Desember 2012. Film ini disutradarai Rizal Mantovani. Film ini merupakan film yang diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama yaitu 5cm.

Keterangan:
Sutradara    :Rizal Mantovani
Produser      :Sunil Soraya
Penulis         :Donny Dhirgantoro
Pemeran       :Herjunot Ali,Fedi Nuril,Pevita Pearce,Saykoji,Denny   Sumargo,Raline Shah
Tanggal rilis :12 Desember 2012

Sinopsis:
Genta (Fedi Nuril), Arial (Denny Sumargo), Zafran (Herjunot Ali), Riani (Raline Shah) dan Ian (Igor Saykoji) adalah lima remaja yang telah menjalin persahabatan sepuluh tahun lamanya. Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Zafran yang puitis, sedikit "gila", apa adanya, idealis, agak narsis, dan memiliki bakat untuk menjadi orang terkenal. Riani yang merupakan gadis cerdas, cerewet, dan mempunyai ambisi untuk cita-citanya. Genta, pria yang tidak senang mementingkan dirinya sendiri sehingga memiliki jiwa pemimpin dan mampu membuat orang lain nyaman di sekitarnya. Arial, pria termacho di antara pemain lainnya, hobi berolah raga, paling taat aturan, namun paling canggung kenalan dengan wanita. Ian, dia memiliki badan yang paling subur dibandingkan teman-temannya, penggemar indomie dan bola, paling telat wisuda. Ada pula Dinda (Pevita Pearce) yang merupakan adik dari Arial, seorang mahasiswi cantik yang sebenarnya dicintai Zafran. Suatu hari mereka berlima merasa “jenuh” dengan persahabatan mereka dan akhirnya kelimanya memutuskan untuk berpisah, tidak saling berkomunikasi satu sama lain selama tiga bulan lamanya.
Selama tiga bulan berpisah penuh kerinduan, banyak yang terjadi dalam kehidupan mereka berlima, sesuatu yang mengubah diri mereka masing-masing untuk lebih baik dalam menjalani kehidupan. Setelah tiga bulan berselang mereka berlima pun bertemu kembali dan merayakan pertemuan mereka dengan sebuah perjalanan penuh impian dan tantangan. Sebuah perjalanan hati demi mengibarkan sang saka merah putih di puncak tertinggi Jawa yaitu di puncak Mahameru pada tanggal 17 Agustus. Sebuah perjalanan penuh perjuangan yang membuat mereka semakin mencintai Indonesia. Petualangan dalam kisah ini, bukanlah petualangan yang menantang adrenalin, demi melihat kebesaran sang Ilahi dari atas puncak gunung. Tapi petualangan ini, juga perjalanan hati. Hati untuk mencintai persahabatan yang erat, dan hati yang mencintai negeri ini.Segala rintangan dapat mereka hadapi, karena mereka memiliki impian. Impian yang ditaruh 5cm dari depan kening.
Dari Bab 8 “Manusia dan Pandangan Hidup”
Pada film ini terkait bahwa,di film ini setiap karakter Mereka memiliki karakter yang berbeda-beda. Zafran yang puitis,Riani yang merupakan gadis cerdas, cerewet, dan mempunyai ambisi untuk cita-citanya. Genta, memiliki jiwa pemimpin  Arial, pria termacho,Ian,seorang yang telat wisuda.Tetapi mereka mempunyai pandangan hidup yang sama,karena mereka mempunyai ambisi dan tujuan yang sama untuk mengibarkan sang saka merah putih di puncak mahameru karena mereka sangat mencintai tanah air indonesia.

Dari Bab 9”Manusia dan Tanggung jawab”
Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah, keadaan wajib menanggung segala sesuatu, sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya.Di film ini tokoh genta yang bertanggung jawab atas keselamatan nyawa para sahabatnya untuk melakukan perjalanan menuju puncak gunung mahameru,ia akan selalu melindungi dan menjadi pemimpin yang baik dalam perjalanan tersebut.

Dari Bab 10”Manusia dan Kegelisahan”
Terdapat muncul kegelisahan yang dialami 5 tokoh tersebut,diantaranya tokoh riani.Ia sangat gelisah karena takut ia tidak dapat bertemu lagi dengan para sahabatnya,setelah menyetujui kesepakatan kepada para sahabatnya

Dari Bab 11”Manusia dan Harapan”
Di film ini timbul sebuah harapan.Sebuah gagasan yang membuat mereka merasa sedih dan sekaligus bimbang.Mereka berharap Selama 3 bulan tidak bertemu dan berkomunikasi itu kita harus melakukan kegiatan yang ingin dicapai tanpa berhubungan dengan mereka berlima.Harapannya untuk mencapai target-target yang ingin di raih dan adanya suatu perubahan yang positif.

B.  Mika

Sutradara : Lasja F. Susatyo
Produser : Adiyanto Sumarjono
Pemain : Vino Bastian, Velove Vexia, Dallas Pratama, Andri Mashadi, Hans Hilman, Izur Muchtar, Donna Harun, George Timothy, Henny Zulyani, Sheila Mahdaly, Framly Nainggolan, Westny Dwijayanti.
Distribusi : Investasi Film Indonesia, First Media Productions
Genre : Drama
Tanggal Rilis : 17 Januari 2013

Sinopsis:

Indi (Velove Vexia) adalah seorang gadis periang yang dunianya berubah total saat ia didiagnosa mengidap penyakit scoliosis ketika di bangku SMP. Karena kondisi kesehatannya ini, dia harus mengenakan besi penyangga tubuh (brace) selama 23 jam setiap hari. Sebelum masuk SMA dia berlibur ke Jakarta, dan di sinilah Indi berkenalan dengan Mika (Vino G. Bastian) lewat sebuah pertemuan tak terduga. Mereka lalu menjadi teman dekat. Mika yang cuek, seru, berani, dan selalu memandang hidup dengan santai dan positif perlahan bisa membantu Indi untuk kembali jadi gadis periang dan berani untuk melawan penyakitnya. Mika selalu punya cara untuk membuat Indi merasa bahagia di tengah siksaan penyakit yang diidapnya.Indi menutupi hubungannya dengan Mika dari Ibunya (Donna Harun) karena dia tahu ibunya tidak suka dengan Mika yang jauh lebih tua dan bertato. Ketika hubungan mereka semakin dekat, Mika mengungkapkan satu rahasia tentang dirinya: Ia mengidap penyakit AIDS.
Masalah mulai berdatangan ketika kondisi Mika yang semakin lemah dan masa lalunya mulai terungkap. Bapak Indi (Iszur Muchtar) dan Ibu dan teman-teman Indi mulai mengetahui soal Mika dan masa lalunya. Tetapi mereka tidak tahu hal-hal indah yang telah dilakukan Mika untuk Indi. Setelah kematian sahabatnya (Framly Nainggolan), Mika mundur dan meninggalkan Indi dengan penuh pertanyaan. Mika tahu waktunya telah dekat dan tidak mau Indi nanti merasa lebih sakit. Dibalik kesedihan Indi setelah ditinggal Mika, dia tahu bahwa Mika justru membuatnya semakin hidup dan berusaha untuk mengalahkan kondisi kesehatannya.
 Dari Bab 8”Manusia dan Pandangan Hidup”
Di film ini tokoh Mika memiliki pandangan hidup yang cuek, seru, berani, dan selalu memandang hidup dengan santai dan positif perlahan bisa membantu Indi (teman yang baru dikenalnya)untuk selalu bahagia di tengah siksaan penyakit yang diidapnya.

Dari Bab 9”Manusia dan Tanggung jawab”
Pada film ini,tokoh mika dan indi yang saling menjalin hubungan cinta,terdapat banyak masalah setelah indi,teman indi dan orang tua indi mengetahui bahwa mika mengidap penyakit AIDS.Sebagai orang tua indi,ayah dan ibunya menjaga dan melindungi indi dari kebersamaan mika dan indi.

Dari Bab 10”Manusia dan Kegelisahan”
Di film ini kegelisahan muncul setelah Mika mengungkapkan satu rahasia tentang dirinya kepada indi bahwa: Ia mengidap penyakit AIDS. Masalah mulai berdatangan ketika kondisi Mika yang semakin lemah dan masa lalunya mulai terungkap.Mika takut jika indi selalu bersamanya,dalam waktu dekat ia akan menularkan penyakitnya kepada indi,ia tidak mau seperti itu,oleh sebab itu ia perlahan untuk menjauhinya

Dari Bab 11”Manusia dan Harapan”
Di film ini,kedua tokoh ini yaitu mika dan indi memiliki harapan bersama yaitu ingin melawan rasa sakit dari penyakitnya masing-masing,menjalani hidup ini dengan rasa senang,dan berharap bisa sembuh dari penyakitnya dan bisa selalu terus bersama-sama.


C.  Si Jago Merah

Sutradara    :Iqbal Rais
Produser      :Chand Parwez Servia
Pemeran       :Ringgo Agus Rahman,Desta Club 80’s,Ytonk Club 80’s,Judika,Poppy,Sovia,Tika Putri,Sarah Sechan,Indra Birowo,Juhana Sutisna
Penyunting   :Cesa David Luckmansyah
Distributor  :Kharisma Starvision Plus
Tanggal rilis :26 September 2008

Sinopsis:


Gito Prawoto (Desta Club 80’s), Dede Rifai (Ringgo Agus Rahman), Kuncoro Prasetyo (Ytonk Club 80’s), dan Rojak Panggabean (Judika) terancam D.O. gara-gara menunggak uang kuliah selama 4 semester berturut-turut, orang tua mereka ternyata sudah tidak bisa lagi membiayai kuliah. Pihak Kampus memberikan kelonggaran agar mereka bisa tetap kuliah, tapi tetap harus membayar minimal satu semester dalam waktu beberapa hari.Masing-masing mencari uang. Ternyata mereka tetap butuh biaya untuk hidup sehari-hari, apalagi sebagian dari mereka sebelumnya bergaya hidup ibu kota.Kuncoro memberikan solusi agar biaya operasional terjangkau dan mengajak mereka mencari rumah kontrakan dekat kampus, dan menjalani pola hidup sederhana. Solusi lainnya adalah kerja magang, tapi magang itu membuat mereka kelelahan. Jadwal kuliah menjadi berantakan. Gito mendapatkan ide untuk mencari part time job yang tidak melelahkan dan menyita banyak waktu yaitu sebagai pemadam kebakaran.Singkat cerita setelah ikut pelatihan, mereka diterima kerja magang di Pemadam Kebakaran, sebagai Pasukan Cadangan dengan perlengkapan seadanya dan diberi tugas untuk merawat mobil pemadam kebakaran yang sudah tua, yang dikenal dengan sebutan Si Jago Merah.Mahasiswa-mahasiswa “tidak-beruntung” ini mendapatkan jatidirinya lewat sebuah tindakan heroik tanpa pamrih yang membuat mereka mendapat penghargaan dari Walikota (Rano Karno).

Dari Bab 8”Manusia dan Pandangan Hidup”
Mereka memiliki pandangan hidup yang sama semenjak menjadi petugas pemadam kebakaran.Semenjak menjadi petugas kebakaran mereka menemukan jati diri mereka masing-masing dan akan selalu melindungi dan membantu masyarakat dari panas nya api.

Dari Bab 9”Manusia dan Tanggung jawab”
Di film ini,para tokoh mempunyai tanggung jawab masing-masing dalam kuliahnya,merka berusaha untuk terus bisa kuliah demi kelulusannya dan untuk orang tua nya.
Dari Bab 10”Manusia dan Kegelisahan”
Kegelisahan ini muncul saat mereka di panggil oleh pihak kampus untuk membayar uang kuliah,karena menunggak uang kuliah selama 4 semester berturut-turut, orang tua mereka ternyata sudah tidak bisa lagi membiayai kuliah.

Dari Bab 11”Manusia dan Harapan”
Di setiap masing-masing tokoh di film ini mempunyai harapan yang sama,yaitu berharap bisa membiayai kuliahnya dengan perkerjaan barunya yaitu sebagai “Pemadam Kebakaran”dan mereka berharap bisa segera menyelesaikan kuliahnya sampai wisuda.

D.  Habibie dan Ainun

Sutradara    :Faozan Rizal
Produser      :Dhamoo Punjabi
Manoj Punjabi
Penulis         :Ginatri S. Noer
Ifan Adriansyah Ismail
Pemeran       :Reza Rahardian,Bunga Citra Lestari,Tio Pakusadewo,Ratna Riantiarno,Mike Lucock,Vita Mariana
Distributor  :MD Pictures
Tanggal rilis 20 Desember 2012

Sinopsis:

Ini adalah kisah tentang apa yang terjadi bila kau menemukan belahan hatimu. Kisah tentang cinta pertama dan cinta terakhir. Kisah tentang Presiden ketiga Indonesia dan ibu negara. Kisah tentang Habibie dan Ainun.Rudy Habibie seorang jenius ahli pesawat terbang yang punya mimpi besar: berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia. Sedangkan Ainun adalah seorang dokter muda cerdas yang dengan jalur karir terbuka lebar untuknya.Pada tahun 1962, dua kawan SMP ini bertemu lagi di Bandung. Habibie jatuh cinta seketika pada Ainun yang baginya semanis gula. Tapi Ainun, dia tak hanya jatuh cinta, dia iman pada visi dan mimpi Habibie. Mereka menikah dan terbang ke Jerman.Punya mimpi tak akan pernah mudah. Habibie dan Ainun tahu itu. Cinta mereka terbangun dalam perjalanan mewujudkan mimpi. Dinginnya salju Jerman, pengorbanan, rasa sakit, kesendirian serta godaan harta dan kuasa saat mereka kembali ke Indonesia mengiringi perjalanan dua hidup menjadi satu.Bagi Habibie, Ainun adalah segalanya. Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah segalanya, pengisi kasih dalam hidupnya. Namun setiap kisah mempunyai akhir, setiap mimpi mempunyai batas. Kemudian pada satu titik, dua belahan jiwa ini tersadar; Apakah cinta mereka akan bisa terus abadi

Dari Bab 8”Manusia dan Pandangan Hidup”
Di film ini habibie dan ainun memiliki pandangan hidup yang sama,yaitu selalu berpegang teguh pada prinsip membangun bangsa dan negara indonesia menjadi lebih baik demi rakyat indonesia.

Dari Bab 9”Manusia dan Tanggung jawab”
Habibie mengabdikan dirinya untuk membuat pesawat terbang setelah dipanggil oleh Kedutaan Besar Indonesia di Jerman, bahwa Indonesia akan mendukung Habibie untuk membuat pesawat terbang.Dia akan bertanggung jawab untuk bisa menyelesaikan pembuatan pesawat terbang buatannya di indonesia.

Dari Bab 10”Manusia dan Kegelisahan”
Ketika di jerman Habibie tiba-tiba terserang penyakit TBC,ia takut dan gelisah bahwa dengan penyakitnya ini menghambat kuliahnya di jerman.Dan setelah mengetahui ternyata Ainun menderita penyakit kanker ovarium stadium 3,ia gelisah pada kesehatan ainun yang tidak kunjung sembuh.

Dari Bab 11”Manusia dan Harapan”
Harapan dari habibie adalah untuk Selama menjadi Presiden Habibie akan selalu fokus kepada pekerjaannya, dan untuk berbakti kepada bangsa Indonesia dengan membuat truk terbang untuk menyatukan Indonesia.




Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar