Teks1

"SELAMAT DATANG"

Jumat, 20 November 2015

KRITIK JURNAL



Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan Di Desa Purwoasri


ABSTRAK:
Kantor Desa Purwoasri merupakan sebuah lembaga instansi Pemerintahan Desa yang berada di Desa Purwoasri Kecamatan Kebonagung Kabupaten Pacitan. Kantor Desa Purwoasri melayani masyarakat dalam berbagai kebutuhan surat menyurat. Salah satunya adalah Pendataan data pendduduk dan pengolahanya dalam bentuk laporan bulanan dan penerapanya kedalam surat – surat leges. Namun dalam pelaksanannya masih terjadi beberapa permasalahan. Permasalahan itu adalah masih sering terjadi kesalahan dalam mengolah atau mendata penduduk, Hal ini dikarenakan dalam pengolahanya masih dengan proses yang manual. Dalam penelitian ini akan dibahas tentang Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan yang ada di Kantor Desa Purwoasri. Sehingga dengan adanya penelitian ini, nantinya akan mempermudah dalam memperbarui jumlah data penduduk dan dibuat laporannya. Selain itu juga data penduduk yang sudah ada akan diterapkan kedalam surat- surat leges. Yang dalam penelitian ini akan diterapkan ke dalam salah satu  surat leges.

Kata kunci: Pengolahan Data Penduduk
Penulis: One Yunita Fujiyati, Sukadi



Kritik Jurnal
Judul           : Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan Di Desa Purwoasri
Penulis        : One Yunita Fujiyati, Sukadi


1.Jenis penelitian ini menurut saya sudah tepat menjawab permasalahan yang ada dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian eksperimental dengan desain faktorial.

2.The Problem
A.Judul
Judul jurnal “Sistem Informasi Pengolahan Data Kependudukan Di Desa Purwoasri” judul tersebut sudah sesuai dan jelas, yaitu ingin membahas mengenai pengolahan data kependudukan yang di Desa Purwoasri.
B.Gaya Penulisan
Sistematika cukup tersusun dengan baik dan jelas dengan menggunakan page layout columns mulai dari judul penelitian, nama penulis,abstraksi,latar belakang, rumusan masalah,batasan masalah,tujuan dan manfaat penelitian,pembahasan,hasil,dan sampai kesimpulan yang penulis sampaikan.Akan tetapi, masih adanya kesalahan penulisan, kurang kata penulisan,dan penggunaan tanda baca yang kurang tepat.
C.Abstrak
Pada abstrak jurnal ini sudah memberikan gambaran yang jelas dari penelitian ini termasuk masalah penelitian,temuan dan rekomendasi.
D.Pendahuluan
Latar belakang pada jurnal ini sudah terdapat landasan teori,sehingga menguatkan penulis dalam penelitian mengenai masalah-masalah yang ada untuk menghasilkan hasil penelitian.Rumusan dan batasan masalah menurut saya masih ada kekurangan/point-point penting untuk penelitian.

3.Desain Penelitian
1.Desain penelitian ini sudah tepat dalam menjawab rumusan masalah dalam jurnal ini.
2.Terdapat teknik pengumpulan data,tetapi tidak diketahui metode-metode apa saja dalam pengumpulan data.
3. Rancangan analisis data sudah tergambar dalam gambaran umum sistem, tetapi tidak dijelaskan mengenai pengujian hipotesisnya.
4.Tidak terdapatnya teknik sample penelitian dalam jurnal ini,sehingga tidak dapat diketahui kekurangan apa saja dalam penelitan.
5.Tidak terdapat hasil pengimplementasi penelitian secara akurat, sehingga pembaca tidak bisa mengetahui hasil dari gambaran umum yang diusulkan oleh penulis.
6. Operasional definisi dalam jurnal seperti istilah, teori dan konsep yang disebutkan dalam studi telah didefinisikan dengan jelas.
7. Referensi yang dimasukkan dalam penelitian merupakan referensi yang akurat,dikarenakan penulis jurnal ini telah melakukan riset/perbandingan dari aplikasi yang sudah ada sebelumnya.
8.The Interpretation
1.Kesimpulan dalam jurnal ini konsisten sehingga pembaca dapat memahaminya   dengan jelas.
2.General


Catatan
Kritik jurnal ini tidak bermaksud menjelek-jelekan atau merendahkan hasil penelitian penulis. kritik ini dibuat hanya untuk memberi motivasi sehingga penulis dapat membuat tulisan yang lebih baik lagi kedepannya.

Saran
Penelitian ini merupakan penelitian yang signifikan dan penting dalam sistem informasi pengolahan data.Dalam penelitian ini sangat membantu sekali untuk mengurangi permasalahan dalam pengolahan data,khususnya di Kantor Desa Purwoasri,tetapi dalam penelitian ini belum adanya uji coba atau hasil dari penelitian tersebut.
Di dalam jurnal ini saya juga melihat terlalu banyak menggunakan kalimat yang kurang penting,sehingga pembaca merasa bosan membacanya,disarankan langsung membahas ke permasalahan yang terjadi sehingga lebih singkat dan jelas.Pada tampilan atau gambar aplikasi dalam jurnal terlihat ukurannya sangat kecil sehingga pembaca tidak terlalu jelas untuk melihat gambarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar