Teks1

"SELAMAT DATANG"

Senin, 02 November 2015

EDUKASI AQUASCAPE BERBASIS ANDROID BERTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR)

EDUKASI AQUASCAPE BERBASIS ANDROID BERTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR)



BAB I
PENDAHULUAN

    A.Latar belakang
Keindahan atau estetika dalam air adalah sebuah pemandangan yang sangat luar biasa bagi yang melihatnya.Keindahan di dalam sebuah wadah kotak yang terbuat dari kaca, acrylic ataupun bahan-bahan lain dengan berbagai ukuran dan ketebalan tertentu membuat penglihatnya terkesima atau takjub dengan pemandangan itu.Aquarium adalah sebuah tempat untuk terciptanya pemandangan indah itu.Di aquarium kita bisa membuat  sebuah ekosistem air  buatan yang hampir sama dengan di ekosistem air di alam.
Apa itu aquascape? Apa bedanya dengan aquarium?
Banyak orang yang bingung apa-sih perbedanya? Pada dasarnya aquascape dan aquarium sama yaitu menggunakan wadah kotak yang terbuat dari kaca, acrylic atau bahan lainnya,yang membedakannya adalah penggunaan dari wadah itu sendiri. Aquarium lebih berfokus kepada ikan hias (ikan mas koki, arwana,louhan,dan lain-lain) yang menjadi isinya, biasanya (ikan) berukuran sedang.Sedangkan aquascape fokus utamanya pada tanaman air, kayu, batu, karang dan benda-benda yang menjadi media tumbuh tanaman.Sedangkan ikan hanya menjadi pelengkap saja.Saat ini mulai banyaknya penghobi aquascape yang beredar di indonesia atau diluar indonesia,tetapi banyak dari penghobi aquascape menemukan masalah-masalah pada aquascape mereka dan mulai tidak berhobi lagi dikarenakan kurangnya edukasi mengenai aquascape.Di zaman modern ini sudah berkembang pesatnya teknologi-teknologi canggih yang telah dibuat.Oleh karena saya akan membuat sebuah teknologi yang menampung semua edukasi mengenai aquascape berbasis android dengan teknologi augmented reality(AR).

    
    B. Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan,saya merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ilmiah, yaitu:
1.Apa saja yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi tersebut?
2.Siapa saja yang dapat menggunakan aplikasi tersebut?
3.Dimana kita dapat memperoleh aplikasi tersebut?
4.Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengakses aplikasi ini?
5.Mengapa saya membuat aplikasi ini?
6.Bagaimana aplikasi ini bisa lebih komplek dari aplikasi yang mungkin sudah ada sebelumnya?
Banyaknya masalah-masalah yang ada pada aquascape.Masalah-masalah itu timbul dari ketidaktahuan penghobi/pemula pada pengetahuan aquascape.Masalah-masalah tersebut membuat penghobi/pemula aquascape mencari-cari tau untuk solusi pada aquascapenya.


    C.Tujuan
1.Untuk menyelasaikan tugas softskill bahasa indonesia yang diberikan dosen dan untuk bisa mengembangkan aplikasi berbasis android.
2.Tujuan membuat aplikasi “EDUKASI AQUASCAPE BERBASIS ANDROID BERTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR)” yaitu untuk mempermudah penghobi/pemula aquascape untuk mengetahui atau belajar tentang apa saja mengenai aquascape.Pengetahuan dan Solusi dari masalah-masalah aquascape yang bisa pengguna dapatkan dengan aplikasi ini dengan dukungan teknologi AR(Augmented Reality).


BAB II
PEMBAHASAN


    A.Tentang aquascape
Aquascape adalah seni mengatur tanaman air, batu, karang dan kayu agar terlihat alami dan indah dipandang dalam akuarium sehingga memberikan efek/sensasi seperti berkebun di bawah air.Aquascape dimulai di Negeri Jepang.Pada tahun 1990, seni aquascape ini diperkenalkan oleh Takashi Amano yang berasal dari Jepang. Takasi Amano adalah seorang pencinta aquarium yang membuat seni aquascape menjadi sebuah seni menata aquarium yang terkenal di seluruh dunia.Ia juga menjadi seorang aquascaper yang paling berpengaruh di dunia.Teknik aquascape Takashi Amano ini meniru sebuah pemandangan alam yang ada di Jepang dengan gaya susuna aimetris yang relatif.Teknik dan gaya aquascape seperti ini menjadi teknik yang paling disukai dan digunakan oleh para aquascaper yang lain.Beberapa spesies tanaman yang unik dan sesuai dengan karakteristiknya,batu serta kayu apung yang bagus dijadikan perpaduan yang menarik dan pemilihan yang tepat oleh Takashi Amano yang kemudian banyak ditiru oleh sebagian besar aquascaper yang mengagumi beliau.Salah satu konsep yang paling terkenal dan banyak digunakan yaitu konsep estetika yang dinamakan konsep Jepang wabi-sabi.Konsep ini menonjolkan sebuah kefanaan dan gaya minimalis dari sebuah seni aquascape.
Aquscape mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990-an.Takashi Amano sampai membuat sebuah galeri tentang alam aquarium di Jepang.Di sana banyak dipamerkan tanaman alam aquarium yang menarik yang bisa dipraktekan oleh para aquascaper.


    B.Tentang argumented reality(AR)
Argumented Reality(AR) dikenal sebagai teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke objek nyata secara real time.Dengan kata lain,AR merupakan teknologi yang mampu menggabungkan objek maya ke dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi(3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata.


   C.Konsep pembuatan aplikasi
Pada pembuatannya aplikasi ini akan bisa digunakan pada android mobile atau pada smartphone.Dalam aplikasi ini saya ingin menggunakan teknologi augmented reality (AR) untuk menambahkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi.Saya ingin menggunakan teknologi AR untuk bidang edukasi aquascape.Untuk memproyeksikan sebuah objek maya ke objek nyata dalam aplikasi AR diperlukan suatu metode pelacakan yaitu marker dan markerless.Marker dapat berupa foto sebuah objek nyata atau gambar buatan dengan pola unik,sedangkan metode markerless yaitu metode pelacakan AR yang menggunakan objek didunia nyata  sebagai marker.Pada metode marker itu bisa berupa kode berbentuk gambar/lainnya yang sudah saya letakan di dalam buku.Buku edukasi aquascape tersebut ingin saya buat guna menambahkan fitur aplikasi sehingga kompleknya aplikasi tersebut.Aplikasi bisa di akses dalam waktu singkat atau tanpa adanya reqistrasi / login setelah anda mendownloadnya tanpa biaya(gratis) di toko aplikasi.
Dalam aplikasi ini banyak menu-menu tentang aquascape yang berupa: pengertian aquascape,macam-macam desain aquascape,perawatan aquascape,Jenin-jenis tanaman dan ikan aquascape,langkah-langkah pembuatan aquascape,masalah-masalah pada aquascape,macam-macam DIY aquascape,dan banyak lagi yang lainnya.Dengan Teknologi AR saya bisa menambahkan menu/fitur mendeteksi objek nyata untuk mengetahui informasi dari objek tersebut,sebagai contoh saya ingin mengetahui ikan/tanaman apa yang ada dalam aquascape tersebut,kita hanya tinggal membuka kamera ponsel untuk mendeteksi objek agar bisa mengetahui detail/pengetahuan dari objek tersebut.Aplikasi ini saya cocok untuk penghobi atau pemula aquascape,dikarenakan dalam aplikasi ini banyak sekali menu-menu edukasi aquascape yang sangat bermanfaat bagi pengguna.


BAB III
PENUTUP


   A. Kesimpulan
Pada zaman modern ini sudah banyaknya penghobi aquascape di indonesia atau negara-negara lain,dan banyaknya informasi-infromasi menganai aquascape.Dengan adanya aplikasi mengenai aquascape akan membuat mudahnya mendapatkan pengetahuan aquascape yang bisa didapatkan oleh pengguna/penghobi aquascape.Semoga dengan ide aplikasi dengan teknologi augmented reality(AR) yang saya buat ini akan semakin banyaknya aquascaper-aquascaper yang akan berhobi aquascape.


   B.Daftar referensi
http://akvodecor.com/sejarah-dan-perkembangan-aquascape-di-dunia/
https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah





Note : Tulisan ini dibuat secara resmi oleh Muhammad.Luthfi,barang siapa yang ingin mengutip atau menyalin tulisan ini harap disertai dengan link postingan sebagai sumbernya,jika tidak anda sudah melakukan tindakan plagiarisme.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar