EDUKASI AQUASCAPE BERBASIS ANDROID BERTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR)
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang
Keindahan atau estetika dalam air adalah sebuah pemandangan
yang sangat luar biasa bagi yang melihatnya.Keindahan di dalam sebuah wadah
kotak yang terbuat dari kaca, acrylic ataupun bahan-bahan lain dengan berbagai
ukuran dan ketebalan tertentu membuat penglihatnya terkesima atau takjub dengan
pemandangan itu.Aquarium adalah sebuah tempat untuk terciptanya pemandangan
indah itu.Di aquarium kita bisa membuat sebuah
ekosistem air buatan yang hampir sama
dengan di ekosistem air di alam.
Apa itu aquascape? Apa bedanya dengan aquarium?
Banyak orang yang bingung apa-sih perbedanya? Pada dasarnya aquascape dan
aquarium sama yaitu menggunakan wadah kotak yang terbuat dari kaca, acrylic
atau bahan lainnya,yang membedakannya adalah penggunaan dari wadah itu sendiri.
Aquarium lebih berfokus kepada ikan hias (ikan mas koki, arwana,louhan,dan
lain-lain) yang menjadi isinya, biasanya (ikan) berukuran sedang.Sedangkan
aquascape fokus utamanya pada tanaman air, kayu, batu, karang dan benda-benda
yang menjadi media tumbuh tanaman.Sedangkan ikan hanya menjadi pelengkap saja.Saat
ini mulai banyaknya penghobi aquascape yang beredar di indonesia atau diluar
indonesia,tetapi banyak dari penghobi aquascape menemukan masalah-masalah pada
aquascape mereka dan mulai tidak berhobi lagi dikarenakan kurangnya edukasi
mengenai aquascape.Di zaman modern ini sudah berkembang pesatnya
teknologi-teknologi canggih yang telah dibuat.Oleh karena saya akan membuat
sebuah teknologi yang menampung semua edukasi mengenai aquascape berbasis
android dengan teknologi augmented reality(AR).
B. Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan,saya
merumuskan beberapa masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ilmiah, yaitu:
1.Apa saja yang diperlukan dalam pembuatan aplikasi
tersebut?
2.Siapa saja yang dapat menggunakan aplikasi tersebut?
3.Dimana kita dapat memperoleh aplikasi tersebut?
4.Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengakses
aplikasi ini?
5.Mengapa saya membuat aplikasi ini?
6.Bagaimana aplikasi ini bisa lebih komplek dari aplikasi
yang mungkin sudah ada sebelumnya?
Banyaknya masalah-masalah yang ada pada aquascape.Masalah-masalah itu
timbul dari ketidaktahuan penghobi/pemula pada pengetahuan
aquascape.Masalah-masalah tersebut membuat penghobi/pemula aquascape
mencari-cari tau untuk solusi pada aquascapenya.
C.Tujuan
1.Untuk menyelasaikan tugas softskill bahasa indonesia yang
diberikan dosen dan untuk bisa mengembangkan aplikasi berbasis android.
2.Tujuan membuat aplikasi “EDUKASI AQUASCAPE BERBASIS ANDROID
BERTEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR)” yaitu untuk mempermudah penghobi/pemula
aquascape untuk mengetahui atau belajar tentang apa saja mengenai aquascape.Pengetahuan
dan Solusi dari masalah-masalah aquascape yang bisa pengguna dapatkan dengan
aplikasi ini dengan dukungan teknologi AR(Augmented Reality).
BAB II
PEMBAHASAN
A.Tentang aquascape
Aquascape adalah seni mengatur tanaman air, batu, karang
dan kayu agar terlihat alami dan indah dipandang dalam akuarium sehingga
memberikan efek/sensasi seperti berkebun di bawah air.Aquascape dimulai di
Negeri Jepang.Pada tahun 1990, seni aquascape ini diperkenalkan oleh Takashi
Amano yang berasal dari Jepang. Takasi Amano adalah seorang pencinta aquarium yang
membuat seni aquascape menjadi sebuah seni menata aquarium yang terkenal di
seluruh dunia.Ia juga menjadi seorang aquascaper yang paling berpengaruh di
dunia.Teknik aquascape Takashi Amano ini meniru sebuah pemandangan alam yang
ada di Jepang dengan gaya susuna aimetris yang relatif.Teknik dan gaya
aquascape seperti ini menjadi teknik yang paling disukai dan digunakan oleh
para aquascaper yang lain.Beberapa spesies tanaman yang unik dan sesuai dengan
karakteristiknya,batu serta kayu apung yang bagus dijadikan perpaduan yang
menarik dan pemilihan yang tepat oleh Takashi Amano yang kemudian banyak ditiru
oleh sebagian besar aquascaper yang mengagumi beliau.Salah satu konsep yang
paling terkenal dan banyak digunakan yaitu konsep estetika yang dinamakan
konsep Jepang wabi-sabi.Konsep ini menonjolkan sebuah kefanaan dan gaya
minimalis dari sebuah seni aquascape.
Aquscape mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 1990-an.Takashi
Amano sampai membuat sebuah galeri tentang alam aquarium di Jepang.Di sana
banyak dipamerkan tanaman alam aquarium yang menarik yang bisa dipraktekan oleh
para aquascaper.
B.Tentang argumented reality(AR)
Argumented Reality(AR) dikenal
sebagai teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke objek
nyata secara real time.Dengan kata lain,AR merupakan teknologi yang mampu
menggabungkan objek maya ke dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi(3D) ke
dalam sebuah lingkungan nyata.
C.Konsep pembuatan aplikasi
Pada pembuatannya aplikasi ini akan bisa
digunakan pada android mobile atau pada smartphone.Dalam aplikasi ini saya
ingin menggunakan teknologi augmented reality (AR) untuk menambahkan
fitur-fitur yang ada dalam aplikasi.Saya ingin menggunakan teknologi AR untuk
bidang edukasi aquascape.Untuk memproyeksikan sebuah objek maya ke objek nyata
dalam aplikasi AR diperlukan suatu metode pelacakan yaitu marker dan
markerless.Marker dapat berupa foto sebuah objek nyata atau gambar buatan
dengan pola unik,sedangkan metode markerless yaitu metode pelacakan AR yang
menggunakan objek didunia nyata sebagai
marker.Pada metode marker itu bisa berupa kode berbentuk gambar/lainnya yang
sudah saya letakan di dalam buku.Buku edukasi aquascape tersebut ingin saya
buat guna menambahkan fitur aplikasi sehingga kompleknya aplikasi
tersebut.Aplikasi bisa di akses dalam waktu singkat atau tanpa adanya reqistrasi
/ login setelah anda mendownloadnya tanpa biaya(gratis) di toko aplikasi.
Dalam aplikasi ini banyak menu-menu tentang
aquascape yang berupa: pengertian aquascape,macam-macam desain
aquascape,perawatan aquascape,Jenin-jenis tanaman dan ikan aquascape,langkah-langkah
pembuatan aquascape,masalah-masalah pada aquascape,macam-macam DIY
aquascape,dan banyak lagi yang lainnya.Dengan Teknologi AR saya bisa
menambahkan menu/fitur mendeteksi objek nyata untuk mengetahui informasi dari
objek tersebut,sebagai contoh saya ingin mengetahui ikan/tanaman apa yang ada
dalam aquascape tersebut,kita hanya tinggal membuka kamera ponsel untuk
mendeteksi objek agar bisa mengetahui detail/pengetahuan dari objek tersebut.Aplikasi
ini saya cocok untuk penghobi atau pemula aquascape,dikarenakan dalam aplikasi
ini banyak sekali menu-menu edukasi aquascape yang sangat bermanfaat bagi
pengguna.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pada zaman modern ini sudah banyaknya penghobi aquascape di
indonesia atau negara-negara lain,dan banyaknya informasi-infromasi menganai
aquascape.Dengan adanya aplikasi mengenai aquascape akan membuat mudahnya
mendapatkan pengetahuan aquascape yang bisa didapatkan oleh pengguna/penghobi
aquascape.Semoga dengan ide aplikasi dengan teknologi augmented reality(AR) yang
saya buat ini akan semakin banyaknya aquascaper-aquascaper yang akan berhobi
aquascape.
B.Daftar referensi
http://akvodecor.com/sejarah-dan-perkembangan-aquascape-di-dunia/
https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_tertambah
Note : Tulisan ini dibuat secara resmi oleh Muhammad.Luthfi,barang siapa yang ingin mengutip atau menyalin tulisan ini harap disertai dengan link postingan sebagai sumbernya,jika tidak anda sudah melakukan tindakan plagiarisme.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar