Teks1

"SELAMAT DATANG"

Jumat, 17 Oktober 2014

Teori Organisasi Umum

I. Arti Pentingnya Organisasi dan Metode

A.Pengertian Organisasi

Dalam kamus besar Indonesia (KBI) pengertian organisasi adalah kesatuan (susunan) yang terdiri atas bagian-bagian orang dalam perkumpulan untuk mencapai tujuan bersama.
Menurut pendapat beberapa Ahli:



Chester I.Barnard :Mengemukakan dalam buku beliau yang berjudul The Function Of The Executive, “organisasi adalah suatu sistem mengenai usaha usaha kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.”
Stephen P.Robbins :Mengatakan bahwa “Organisasi ialah kesatuan aspek sosial yang terkordinasi secara sadar, dengan satu batasan yang cukup relatif dan bisa diidentifikasi, yang bekerja secara relatif dan terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau tujuan bersama.”
J.William Schulze :Memberikan pendapat, “organisasi adalah suatu penggabungan dari orang orang,benda benda,alat alat perlengkapan,ruang lingkup kerja dan segala hal yang berhubungan dengannya,yang disatukan dalam sebuah hubungan yang teratur dan sangat efektif untuk mencapai segala tujuan yang diinginkan.”
Sir Stoner : “Organisasi adalah sebuah pola yang menghubungkan orang orang di bawah arahan pimpinan (manager) untuk mencapai atau mengejar tujuan bersama.”
Kesimpulan dari beberapa pendapat tersebut yaitu Organisasi merupakan sekelompok orang yang terdiri dua orang atau lebih, secara formal dan dipersatukan dalam sebuah kerjasama dalam untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

B.Manajemen dan Organisasi

Manajemen adalah sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin.Untuk mencapai tujuan perusahaan harus memperhatikan sarana optimal terhadap kepentingan konsumen,penanaman modal,anggota perusahaan(karyawan),pemerintah,masyarakat,supplier.
Organisasi adalah salah satu saran untuk mencapai tujuan perusahaan melalui pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen yang dilakukan seorang pemimpin dangan organisasi yang tercipta di perusahaan yang bersangkutan.
Jadi Hubungannya adalah Dalam manajemen masuk ke dalam organisasi.Manajemen berarti juga proses mengatur segala hal dalam organisasi.

C.Manajemen dan Tata Kerja

Manajemen adalah sarana untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan alat yang tersedia semaksimum mungkin.Sedangkan Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dan amat di perlukan dapat di manfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat.

D.Manajemen,Organisasi,dan Tata Kerja

Jadi Kesimpulannya Hubungan dari manajemen,organisasi,dan tata kerja adalah Jika manajemen organisasi dan metodenya dilakukan dengan kerjasama yang baik, pemanfaatan sumber-sumber dan waktu yang ada dapat dilakukan secara tepat dan lebih terordinir sesuai dengan proses kegiatan yang ditetapkan maka untuk mencapai tujuan akan dapat hasil yang lebih efsien dan efektif serta lebih maksimal.

II. Ciri-Ciri,Unsur dan Teori Organisasi

Ciri-ciri Organisasi diantaranya:

Adanya komponen ( atasan dan bawahan)
Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)
Adanya tujuan
Adanya sasaran
Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

Ciri-ciri organisasi modern diantaranya:

Organisasi bertambah besar
Pengolahan data semakin cepat
Pengolahan staff semakin intensif
Kecenderungan spesialisasi
Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
Unsur-unsur organisasi lebih lengkap

Unsur-Unsur Organisasi diantaranya:

1. Man
Man (orang-orang), dalam kehidupan organisasi atau ketatalembagaan sering disebut dengan istilah pegawai atau personnel.
2. Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.
3. Tujuan Bersama
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai.
4. Peralatan (Equipment)
Peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).
5. Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi.
6. Kekayaan Alam
Yang termasuk dalam kekayaan alam ini misalnya keadaan iklim, udara, air, cuaca (geografi, hidrografi, geologi, klimatologi), flora dan fauna.


Teori Organisasi

Ada 3 teori didalam organisasi yaitu teori klasik,neoklasik,modern.

Teori Klasik : Teori ini biasa disebut dengan “teori tradisional” atau disebut juga “teori mesin”. Berkembang mulai 1800-an (abad 19). Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas. Teori Organisasi klasik sepenuhnya menguraikan anatomi organisasi formal. Empat unsure pokok yang selalu muncul dalam organisasi formal:
1. Sistem kegiatan yang terkoordinasi
2. Kelompok orang
3. Kerjasama
4. Kekuasaan & Kepemimpinan

Teori Neoklasik : Aliran Neoklasik disebut juga dengan “Teori Hubungan manusiawi”. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada “pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”. Dalam pembagian kerja Neoklasik memandang perlunya:
1. Partisipasi
2. Perluasan kerja
3. Manajemen bottom_up

Teori Modern : Teori ini muncul pada tahun 1950 sebagai akibat ketidakpuasan dua teori sebelumnya yaitu klasik dan neoklasik. Teori Modern sering disebut dengan teori “Analiasa Sistem” atau “Teori Terbuka” yang memadukan antara teori klasik dan neokalsi.

III. Macam-Macam Organisasi dari Segi Tujuan

ORGANISASI NIAGA

Organisasi Niaga adalah suatu organisasi yang sifatnya untuk mencapai suatu keuntungan. Organisasi ini sering kita temui dalam kehidupan yang berbasis globalisasi saat ini, dengan faktor ekonomi yang semakin berkembang menjadikan Organisasi Niaga semakin pesat pula. Adapun macam-macam Organisasi Niaga antara lain:
1. PERSEROAN TERBATAS (PT)
Perseroan terbatas merupakan jenis perusahaan di mana modalnya terbagi atas saham-saham.
2. PERSEROAN KOMANDITER(CV)
Perseroan Komanditer Adalah Persekutuan Organisasi Niaga antara dua orang atau lebih yang memiliki tujuan bersama untuk mendirikan usaha.
3. FIRMA (FA)
Firma dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan satu bisnis.
4. KOPERASI
Koperasi Adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum, sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan kegotongroyongan.
5. JOIN VENTURA
Joint Venture merupakan suatu kerjasama antar beberapa perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan ekonomi yang lebih padat.
6. TRUST
Trust merupakan organisasi yang sengaja dibentuk untuk menghindari kerugian-kerugian dan meningkatkan keuntungan.
7. KARTEL
Kartel Adalah persekutuan perusahaan-perusahaan dibawah suatu perjanjian untuk mencapai tujuan tertentu.
8. HOLDING COMPANY
Holding Company terjadi bila ada suatu perusahaan dalam kondisi yang baik secara finansial kemudian membeli saham-saham dari perusahaan lain.

Organisasi Sosial

Adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara.Fungsi dari organisasi sosial sendiri yaitu untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri
Ciri-cirinya: -Formalitas
-Heararki
-Besarnya dan kompleksnya
-Lamanya (duration)

Organisasi Regional dan Internasional

Organisasi internasional adalah suatu bentuk organisasi dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yang juga merupakan isi dari perjanjian atau charter.
Sedikit Contoh Organisasinya yaitu:
- NATO = North Atlantic Treaty Organisation (4 April 1949)
- UNESCO = the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (16 November 1945)
-ASEAN = Association of Southeast Asian Nations = Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) ( Dibentuk 8 Agustus 1967, memiliki 10 negara anggota, Timor Leste dan Papua new Guinea hanya sebagai pemantau, dan masih mempertimbangkan akan menjadi anggota)

Pengalaman Saat Mengikuti Organisasi


            Pada artikel kali ini saya ingin menceritakan/berbagi pengalaman saya saat  mengikuti organisasi pada waktu saya bersekolah.Pada saat saya sekolah dari tingkat SD-SMA,saya adalah seorang anak yang tidak selalu banyak bergaul seperti kebanyakan teman-teman sekolah saya,dan saya juga tidak terlalu pintar/bodoh dalam belajar disekolah J.Pengalaman saya dalam mengikuti organisasi dimulai saat saya SMP dulu,tepatnya waktu saya kelas 1SMP.Dibilang ini adalah sebuah kegiatan sekolah saja,tapi menurut saya ini juga termasuk sebuah organisasi yang saya tekuni saat saya bersekolah dulu.

            Organisasi pertama saya yaitu adalah saya mengikuti kegiatan Bulu Tangkis/Badminton saat kelas 1SMP.Saya menekuni kegiatan tersebut karena keinginan saya sendiri yang ingin sekali bisa menjadi pemain bulu tangkis yang handal.Disaat pelatih saya menyuruh saya dan teman saya latihan saya selalu hadir disaat pulang atau pun saat liburan sekolah sekalipun.Kegiatan ini rutin saya lakukan 2 kali dalam seminggu,dan jujur saya sangat menyukai bulu tangkis waktu itu.Saya pernah mengikuti beberapa perlombaan yang diadakan di sekolah ataupun di luar sekolah.Dua tahun berlalu saya memutuskan untuk berhenti mengikuti kegiatan tersebut dikarenakan saya ingin lebih fokus belajar untuk menjelang UN tahun 2009 yang lalu.Tetapi saya senang bisa aktif mengikuti kegiatan tersebut dan menjadi pengalaman bagi saya.

            Organisasi yang kedua,saya pernah mengikuti Desain Grafis saat saya SMA kelas 2.Sebelum saya mengikuti kegiatan tersebut saya memang sudah menyukai dunia komputer terutama dalam bidang desain.Saya sangat suka mengedit foto,terutama saat saya mendapat tugas dari guru saya membuat poster dan karya seni gambar.Selama saya mengikuti kegiatan tersebut,saya semakin mengembangkan skill saya di bidang desain dan saya bisa membantu/mensharing ilmu yang saya dapat ke teman-teman saya.Itu adalah kesenangan buat saya pribadi.

            Mungkin hanya sedikit pengalaman saya dalam berorganisasi selama ini.Tetapi saya selalu senang dalam menjalaninya karena itu adalah sebuah kenangan dan pembelajaran buat saya untuk bisa menjadi yang lebih baik lagi untuk masa depan saya kedepannya.








Referensi
http://blogging.co.id/pengertian-organisasi-dan-tujuannya
http://komsi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/7149/Bab+2-pbisnis.pdf.
http://littlenotesofmanda.blogspot.com/2012/11/hubungan-antara-organisasi-manajemen.html
http://dhanudarmawan41.wordpress.com/2012/01/08/ciri-ciri-unsur-dan-teori-organisasi/
http://taritahasman.blogspot.com/2011/10/macam-macam-organisasi-dari-segi-tujuan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar